Ciri-Ciri dan Tokoh Musik Pop

Ciri-Ciri dan Tokoh Musik Pop – Setiap hari hampir setiap orang pernah mendengarkan musik. Baik itu musik klasik, musik populer, atau juga music dangdut yang adalah khas dari Indonesia banget. Musik populer pop ini lebih mengarah kepada musik yang booming di dalam beberapa bulan kemudian akan tergantikan oleh musik populer yang lainnya.

Tentu kita pernah melihat suatu band yang sedang naik daun dengan membawakan lagu-lagu populer. Kemudian hanya dengan jarak beberapa waktu tergantikan oleh band lain yang lagunya atau musiknya lebih hits lagi.

Nah apa sih sebenarnya musik populer atau musik pop itu? Bagaimana sejarah dan juga siapa tokoh-tokohnya? Yuk ikuti pembahasan lengkap dibawah ini dengan seksama.

Ciri-Ciri dan Tokoh Musik Pop 1

Pengertian Musik Pop

Definisi dari musik pop yaitu adalah genre musik yang menjadi kegemaran masyarakat pada waktu tertentu. Musik pop dapat dimaknai juga sebagai musik yang mempunyai irama sederhana membuatnya mudah dikenal dan digemari orang banyak. Jenis musik pop ini sangat cepat hilang, tidak bisa bertahan lama dan cepat tergantikan dengan lagu baru. http://111.221.46.189/

Musik pop dibuat dengan sederhana, jarang memakai bentuk komposisi. Lebih dari itu bentuk, lirik dan aransemen lagu-lagu pop juga bersifat sederhana, mudah diingat, dan seringkali hanya untuk menghibur masyarakat.

Di Wikipedia, Musik Populer atau Musik Pop ialah merujuk kepada salah satu dari sejumlah genre musik yang “memiliki daya tarik yang luas” dan biasanya didistribusikan ke khalayak yang besar melalui industri musik.

Perlu di ketahui di Wikipedia juga dijelaskan bahwa Musik Populer banyak diketahui orang dengan sebutan Musik Pop, akan tetapi dua istilah tersebut tidak dapat dipertukarkan. Musik populer lebih mengarah kepada semua usia yang menarik untuk musik yang populer. Sedangkan Musik Pop lebih mengarah pada genre atau jenis musik yang lebih spesifik.

Jenis musik populer sangat bertentangan dengan musik tradisional atau jenis musik yang lainnya. Musik pop ini ialah bagian dari Musik Modern.

Pengertian Musik Pop Menurut Para Ahli

– Strinati

Menurut Strinati, musik pop adalah jenis musik yang sifatnya easy listening. Maksudnya jenis musk ini bisa didengar begitu saja tanpa harus memperhatikan khusus. Fungsi dari musik pop yaitu adalah sebagai bentuk merekatkan sosial. Musik ini diposisikan sebagai kenyataan kehidupan yang sedang dijalani.

– Shuker

Menurut Shuker, musik pop adalah genre musik yang mudah dibuat, fokusnya terletak pada bagian chorus atau inti lagu. Lebih dari itu lirik yang dipakai pada umumnya bersifat romantis, dan orientasinya adalah untuk kebutuhan komersial.

Sejarah Musik Pop

Musik pop pada awalnya ada ketika perang Dunia 1 pada  tahun 1918, ketika itu masyarakat Amerika Serikat menggemari musik setelah perang. Bermula dari penemuan Thomas Edison, lalu istilah pop dikemukakan pertama kali oleh pengamat seni rupa dari Inggris Lawrence Alloway.

Musik pop berasal dari kata populer dan juga komersil, sehinga musik pop ini hingga pada saat ini banyak peminatnya.

Alat Musik Pop

Adapun secara umum alat musik pop antara lain adalah sebagai berikut:

– Gitar Akustik

Gitar akustik merupakan gitar yang menghasilkan suara dari fibrasi dawai yang masuk melalui lubang di badan gitar.

Seluruh bagian pada gitar akustik ini dibuat dari kayu, dari leher hingga badan. Gitar akustik dapat dipasang senar sejumlah enam buah, yang setiap senar tersebut mengeluarkan suara yang berbeda.

– Gitar Listrik

Gitar listrik yaitu gitar yang berasal dari pengembangan gitar akustik. Gitar listrik dapat dipasangkan perangkat elektronik seperti sensor suara, pengatur volume dan amplifier. Yang menjadi kelebihan dari gitar listrik yaitu dapat mengeluarkan efek suara yang banyak variasinya. Suara yang dihasilkan dari gitar listrik dapat disesuaikan dengan lagu, walaupun dengan nada paling kecil.

– Gitar Bass

Gitar bass mempunyai leher yang panjang daripada dengan gitar biasa. Pada gitar bass memakai empat senar yang ukurannya lebih besar dan bisa mengeluarkan bunyi bass yang rendah dan konstan. Gitar bass digunakan untuk mengisi nada-nada yang rendah.

– Drum

Drum mempunyai fungsi untuk menjaga ritme supaya lagu teratur dan tidak berantakan. Drum mempunyai perangkat seperti bass, snare, simbal, tamtam dan pijakan pedal sebagai penabuh drum bass.

– Keyboard

Keyboard adalah alat musik pengembangan dari piano, akan tetapi dengan instrumen yang canggih dan memakai komponen elektrik. Suara yang dikeluarkan dari keyboard terbentuk dari sistem audio elektrik.

Keyboard sekarang pada umumnya dapat mengeluarkan suara dari instrumen lain seperti suara drum, gitar, bass, saxophone, dan lain sebagainya. Pada keyboard juga tersusun atas tombol surgencer, volume, treble dan juga banyak pilihan genre musik latar, membuat peranannya sangat penting pada musik pop.

Jenis Musik Pop

Terdapat tiga jenis musik pop antara lain:

– Musik Pop Standar

Musik Pop Standar yaitu musik dengan melodi sederhana, diikuti lirik yang mudah dihafalkan. Musik pop standar ini sangat fleksibel dan juga mudah untuk diserap.

– Musik Pop Kreatif

Musik pop kreatif jenis ini dianggap unik, karena dari ritme, melodi, harmoni, instrumen atau gaya yang digunakan oleh music pop kreatif ini.

– Musik Pop Balada

Musik pop balada adalah jenis musik dengan tempo yang lambat dan sedang. Musik pop balada memiliki lirik yang lebih ekspresif dan pembuatan melodi yang berdasarkan dari lirik lagu.

Ciri-Ciri dan Tokoh Musik Pop 1

Ciri-Ciri Musik Pop

Berikut ini adalah ciri-ciri musik pop sendiri ada beberapa yaitu:

– Melodi yang mudah diterima dan dicerna oleh masyarakat.

– Mudah dipadukan dengan jenis lain

– Karakters liriknya mudah serta cepat diserap

– Memakai harmoni yang mudah dengan tempo yang banyak.

Tokoh Musik Pop

Terdapat banyak tokoh musik pop yang ada di dunia. Tokoh yang mendapatkan julukan “King of Pop” yaitu Michael Jackson. Untuk “Queen of Pop” ada Madonna yang namanya sangat populer sekali di industri musik pop dunia.

Jauh sebelum itu ada Elvis Presley yang bernyanyi lagu pop dan rock ‘n’ roll. Ada juga Dovid Bowie yang juga terkenal sebagai tokoh musik pop pada tahun 70an. Pada masa modern, nama-nama seperti Christina Aguilera, Avril Lavigne, Bruno Mars, Adele, Taylor Swif, Katty Perry juga menjadi tokoh musik pop.

Contoh Musik Pop

Di Indonesia banyak sekali musik yang beraliran Pop oleh band band terkenal seperti:

Ungu

– Noah

– Slank

– Padi

– Dewa 19

– Sheila on 7

– Nidji

– Kangen band

– Jamrud

– Alexa

– Andmesh

– Judika

Untuk musik pop barat contohnya adalah:

– Closer yang dinyanyikan oleh The Chainsmoker

– Let me love you- oleh DJ Snake feat Justin Bieber

– Water Under The Bridge – Oleh Adele

– Alarm- oleh Anne Marie